-->

Keutamaan Basmalah (Bagian I)

- 01.59.00
Keutamaan Basmalah (Bagian I) - Assalamu'alaikum sahabat Ukhti Sofia di manapun sahabat berada. Selamat datang usahabat semua di Blogini. Oke, artikel yang sedang sahabat baca saat ini berjudul Keutamaan Basmalah (Bagian I), artikel ini ditulis dengan penuh perasaan, dan semoga sahabat semua dapat memahami informasi yang disajikan di dalamnya. Oh iya, kata kunci untuk memahami isi artikel ini adalah Islam, selamat membaca.
Judul : Keutamaan Basmalah (Bagian I)
link : Keutamaan Basmalah (Bagian I)

Rekomendasi Bacaan



Keutamaan Basmalah (Bagian I)

Diriwayatkan dari Atha’, dari jabir bin Abdullah r.a., dia berkata, “ketika turun ayat Bismillhirrohmanirrohim, maka awan lari ke timur, angin berhenti, laut bergelombang, binatang-binatang mendengarkan dengan telinganya, dan syaitan-syaitan dilempari dari langit. Allah SWT., bersumpah dengan kemulian-Nya bahwa jika disebutkan nama-Nya pada sesuatu, maka akan menjadi obat baginya. Jika disebutkan nama-Nya pada sesuatu, maka akan menjadikan keberkahan baginya. Dan barang siapa yang membaca Bismillahirrohmanirrohim dijamin masuk syurga.” (Dadriburrawi, I/35).
Diriwayatkan dari Abi Wail, dari Abdullah bin Mas’ud r.a., dia berkata, “Barangsiapa ingin Allah SWT., menyelamatkannya dari sembilan belas malaikat penyiksa, hendaknya dia membaca Bismillahirrohmanirrohim. Sesungguhnya ia terdiri dari sembilan belas huruf, Allah SWT., menjadikan setiap hurufnya penghalang dari seseorang di antara mereka.” (Darrul Manstsur I/552). Dari Thawus, dari ibnu Abbas r.a., bahwa Utsman bin affan r.a. telah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengenai Bismillahirrohmanirrohi, maka beliau bersabda, “Ia adalah salah satu nama Allah SWT., antara dia dengan Ismul A’dham hanyalah seperti hitam mata dengan putihnya dari segi dekatnya.” (Al-Hikam, I/552).
Dari Anas bin malik r.a., dia berkata bahwa Rasullullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengangkat kertas dari tanah yang di dalamnya tertulis Bismillahirrohmanirrohim karena memuliakan Allah SWT., maka di sisi Allah SWT., dicatat termasuk pada shiddiqin, dan Allah akan meringankan siksa kedua orang tuanya meskipun mereka orang musryk.” (Al-Ilal Al-Mutanahiyah, I/81).
Dikatakan bahwa iblis tidak pernah menangis sebagaimana ia dikutuk dan diusir dari daftar penghuni langit, menangis ketika nabi Muhammad SAW, dan menangis ketika Surat Fatihah diturunkan karena di dalamnya terdapat Bismillahirrohmanirrohim. (Ad-Durrul Mantsur, I/5).
Sumber: Al-Ghunyah (Syaikh Abdul Qadir al-Jailani)


Demikianlah artikel yang berjudul Keutamaan Basmalah (Bagian I)

Terima kasih telah membaca artikel Keutamaan Basmalah (Bagian I) kali ini, semoga dapat memberi manfaat untuk sahabat semua. Akhir kata, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Sahabat telah membaca artikel berjudul Keutamaan Basmalah (Bagian I) dengan alamat link https://ukhtisofia.blogspot.com/2016/04/keutamaan-basmalah-bagian-i.html
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search