-->

Musikalisasi Puisi

- 23.21.00
Musikalisasi Puisi - Assalamu'alaikum sahabat Ukhti Sofia di manapun sahabat berada. Selamat datang usahabat semua di Blogini. Oke, artikel yang sedang sahabat baca saat ini berjudul Musikalisasi Puisi, artikel ini ditulis dengan penuh perasaan, dan semoga sahabat semua dapat memahami informasi yang disajikan di dalamnya. Oh iya, kata kunci untuk memahami isi artikel ini adalah selamat membaca.
Judul : Musikalisasi Puisi
link : Musikalisasi Puisi

Rekomendasi Bacaan



Musikalisasi Puisi

Puisi itu gak cuma buat orang-orang yang suka sastra aja. Tapi buat lo yang suka dengerin musik, bisa banget dengerin lagu-lagu yang merupakan hasil dari musikalisasi puisi.
Beberapa musisi di Indonesia mulai banyak yang mengambil lirik lagu dari puisi-puisi yang terkenal sejak zaman dulu dan ternyata hasilnya sangat enak untuk didengarkan loh guys!

Nah, dibawah ini adalah beberapa lagu yang merupakan hasil dari musikalisasi puisi :
1. Di Restoran - Ari Reda
Sumber: radarbanyumas.co.id
Band Indie yang terdiri dari dua orang yaitu Ari Malibu dan Reda Gaudiamo ini memang terkenal dengan lirik-liriknya yang dalam. Lagu-lagunya merupakan hasil dari puisi pujangga terkenal bernama Sapardi Djoko Darmono.
Salah satu lagu yang menjadi favorit pendengarnya adalah Di Restoran. Puisi dan lagu ini menggambarkan kecanggungan antara sepasang lelaki perempuan dalam menentukan pilihan. Mungkin sudah lama tidak bertemu dan bingung mau gimana..
Banyak tafsiran dalam lagu ini, ada yang merasa redup, sedih ada yang merasa tenang. Kalo menurut lo makna lagu ini sendiri apa guys?
2. Tentang Seseorang - Rako Prijanto
Sumber: ytimg.com
Lo semua pasti taulah puisi ini? Yap! Bener banget, puisi ini adalah puisi yang dibawakan Cinta aka Dian Sastrowardoyo pada film AADC pertama. Puisi ini sendiri mengungkapkan kesepian dari seorang yang introvert.
Pasti kalian juga ingatkan bahwa selain membawakan puisi ini dengan membacakannya, Cinta juga menyanyikannya loh! Gimana menurut kalian? Cukup dalamkah puisi ini?
3. Derai-Derai Cemara - Banda Neira
Sumber: babatpost.com
Tanpa memakai puisi yang ada saja band indie ini sudah memiliki lirik-lirik yang menyentuh. Bagaimana kalo pake puisi? Lagu Dera-derai Cemara yang dibawakan oleh Banda Neira ini adalah merupakan puisi dari Chairil Anwar.
Apasih arti dari liriknya? Seperti biasa, puisi memang punya makna yang berbeda bagi para penikmatnya. Kalo buat gue sendiri lagu ini tentang orang yang ngeliat masalalu. Dan ada beberapa hal yang sampe sekarang-pun gak bakalan ia ucapkan atau lakukan.
Sentuhan musik yang menyegarkan jiwa dibarengin dengan lirik yang dalam dan tentunya suara emas milik Rara dan Badhu tentu bikin lo tidur nyenyak! Dijamin gak akan menyesal deh dengerinnya!
4. Kepada Hawa - Anji
Sumber: liputan6.static6.com
Mantan vocalis dari Drive yang sangat dekat dengan anak-anaknya ini telah mencapai 25.000 viewers dalam lagu yang dibawakannya di Youtube yaitu Kepada Hawa. Kepada Hawa sendiri adalah puisi yang dituliskan oleh Aan Mansyur.
Menurut gue puisi ini tentang bagaimana seorang lelaki sangat sayang sama wanita, tetapi wanitanya itu malah sama orang lain. dan Dia rela mati buat wanita itu, sedangkan si lelaki pilihannya itu enggak. Liriknya pasti sesuai sama beberapa kisah cinta kalian! hahaha.
5. Negriku Semakin Horor - Merah Bercerita
Sumber: rappler.com
Usut-punya usut ternyata vocalis dari band ini adalah putra Bungsu dari sang penulis puisi yaitu Wiji Thukul loh!
Lagu-lagu yang dikembangkan-pun memang semua hasil dari musikalisasi puisi Wiji Thukul, sang aktivis yang vocal dan hilang pada masa orde baru dan sampai saat ini belum ditemukan keberadaanya dan baru-baru saja perjalanannya di film-kan di beberapa bioskop di Indonesia.
Dengan irama yang menyala dan tegas, band ini seperti ingin menyampaikan kembali maksud dari puisi-puisi dengan cara vocal tetapi dipadukan dengan seni musik
Wah, memang buah tak jatuh jauh dari pohonnya ya!Nah, beberapa lagu diatas adalah lagu-lagu yang bisa kalian nikmati sambil belajar sastra! Gimana? Bagus-bagus kaan?

Demikianlah artikel yang berjudul Musikalisasi Puisi

Terima kasih telah membaca artikel Musikalisasi Puisi kali ini, semoga dapat memberi manfaat untuk sahabat semua. Akhir kata, sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Sahabat telah membaca artikel berjudul Musikalisasi Puisi dengan alamat link https://ukhtisofia.blogspot.com/2014/09/musikalisasi-puisi.html
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search